Headlines News :
Home » » SUMPAH PEMUDA

SUMPAH PEMUDA

Written By SMA Al-AMIN BENGKALIS on Selasa, 27 Oktober 2015 | 14.36

Kami Putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, Tanah Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia

Pemuda. Begitulah ia (mereka) biasa disapa. Sejarah telah mencatat dengan tinta emas kegemilangan, bahwa dari dahulu sampai sekarang Pemuda (termasuk Pelajar dan Mahasiswa) selalu menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari unsur-unsur pelaku perubahan di negeri ini. Sebut saja sejak masa awal Pergerakan Nasional 1908, Kebangkitan Nasional 1920, Sumpah Pemuda 1928, Proklamasi Kemerdekaan RI 1945, hingga masa awal Orde Baru 1966 dan Orde Reformasi 1998. Pemuda, senantiasa memberi kontribusi positif serta memberi warna benderang terhadap dinamika perkembangan dan pembangunan bangsa dan negara Republik Indonesia. Pendek kata, tidak dapat dipungkiri bahwa pemuda adalah lokomotif perjuangan dan perubahan bangsa dan NKRI menuju kejayaan yang sejati.

Moh Hatta dalam pidatonya yang berjudul “Pemuda Indonesia dan Politik” memberikan beberapa alasan mengapa pemuda Indonesia kala itu – masa pra kemerdekaan, tidak seperti kebanyakan pemuda-pemuda Eropa yang memuaskan dahaga muda  dengan hanya bersekolah dan bermain. Ia mengatakan bahwa pemuda Indonesia tidak mendidik dirinya sendiri, melainkan dididik dalam kondisi dan situasi dimana ia tumbuh berkembang dan dalam masyarakat dimana ia berada. Artinya ada ruang kesadaran yang terbuka dalam benak pemuda kala itu, bahwa mereka terjajah dan mereka ingin merdeka. Sehingga tersimpulkan suatu cara untuk meraih kemerdekaan, yaitu mereka harus bergerak bersama, dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Makna persatuan ini yang menjadi cikal bakal kehadiran berbagai kelompok pemuda dari berbagai daerah dalam Kongres Pemuda II dan semangat persatuan ini yang akhirnya membuat para pemuda itu mengikrarkan kesetiaan terhadap Ibu Pertiwi. Lebih dari itu hal inilah yang membawa Indonesia merdeka sampai terbentuk Negara Kesatuan. Sebuah lompatan besar akibat kran-kran kesadaran yang terbuka.

Bagaimana peran pendidik / Guru dalam memaknai sumpah pemuda tersebut?

Guru sebagai pengajar tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sumpah pemuda bertanggung jawab untuk menanamkan nilai-nilai sumpah pemuda pada anak didiknya. Upaya guru dalam pembangunan karakter bangsa harus dilaksanakan dengan penuh rasa tangung jawab. Perkataan seorang guru kepada anak didiknya itu akan sangat mempengaruhi cara berpikir anak didiknya, dengan harapan anak didik ini akan menjadi manusia yang memiliki karakter kebangsaan dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan bangsa dan Negara Indonesia. 

Guru mempunyai peran yang sangat strategis dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme bagi generasi muda . Jika dari aspek pendidikannya lemah, maka yang terjadi adalah justru penurunan nasionalisme tersebut. Kesadaran sejarah tentang persatuan dan dan kesatuan seperti yang tertuang dalam naskah sumpah pemuda harus di jabarkan dalam kehidupam bermasyarakat. Akibat dari pemahaman masyarakat yang tidak menyadari  nilai-nilai yang terkandung dalam sumpah pemuda ini akan mengancam akuntabilitas keamanan dimana akan memungkinkan terjadinya disintergrasi bangsa. Karena itu penanaman nilai-nilai sumpah pemuda dalam pembangunan karakter bangsa sangat penting.

Nilai – nilai Sumpah pemuda merupakan satu percontohan bagi kehidupan masyarakat Indonesia saat ini, dimana peristiwa sumpah pemuda akan membuat guru berbenah diri menjadi pendidik yang profesional. Pendidik yang profesional bukanlah pendidik yang mendidik apa yang ia kuasai atau apa yang dia tahu, tapi pendidik  mengajarkan tentang dirinya. Artinya guru harus menjadi percontohan , guru harus memiliki karakter yang baik agar siswa juga memiliki karakter yang baik. Guru sebagai orang tua pada waktu siswa berada di sekolah maka guru juga memiliki tangung jawab untuk mendidik siswa bukan hanya untuk mendapatkan kecerdasan intelektual tapi juga memiliki karakter dan keterampilan yang baik. 

Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SMA AL-AMIN BENGKALIS - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template