Headlines News :
Home » » PANTASKAH KITA MENJADI GURU??

PANTASKAH KITA MENJADI GURU??

Written By SMA Al-AMIN BENGKALIS on Sabtu, 18 Mei 2013 | 19.33


Sungguh luar biasa penghargaan Islam terhadap guru, begitu tingginya penghargaan itu sehingga menempatkan kedudukan guru setingkat di bawah kedudukan Nabi dan Rasul. Mengapa demikian? Karena guru selalu terkait dengan ilmu pengetahuan. Sedangkan Islam amat menghargai ilmu, dan yang paling utama apabila orang itu mengamalkan ilmunya. Mengamalkan ilmu dengan cara mengajarkan ilmu itu kepada orang lain. 

 
PERTANYAANNYA :
  • Tingginya kedudukan guru apa masih ada di zaman sekarang??
  • Apakah murid masih menghargai guru?
  • Kenapa ada siswa yang berani menatap marah, benci, bahkan sikap yang lebih dari itu kepada guru?
  • Kenapa siswa tak lagi patuh terhadap aturan dan disiplin sekolah?
  • Kenapa?? Kenapa??
Barangkali pertanyaan Ini mewakili dari sekian banyak pertanyaan lainnya tentang  permasalahan di Dunia Pendidikan, So.. Apakah ini merupakan sebuah permasalahan??

Apakah salah ketika ada yang mengatakan, penghormatan murid kepada guru semakin turun, atau merosot, atau sudah tidak ada lagi di dunia ini??
Atau, Apakah salah ketika ada yang mengatakan kalau guru kurang profesional dalam mendidik, dan belum berhasil menjadi contoh/teladan yang baik kepada siswa?

Guru adalah orang yang memikul tanggung jawab untuk mengajar dan mendidik. Pendidik tidak sama dengan pengajar, sebab pengajar itu hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran kepada murid. Prestasi yang tertinggi yang dapat dicapai oleh seorang pengajar apabila ia berhasil membuat pelajar memahami dan menguasai materi pengajaran yang diajarkan kepadanya. Tetapi seorang pendidik bukan hanya bertanggung jawab menyampaikan materi pengajaran kepada murid saja tetapi juga membentuk akhlak yang baik serta membentuk kepribadian seorang anak didik bernilai tinggi serta agar  anak-anak tumbuh menjadi manusia yang cerdas, berilmu pengetahuan. Ukuran keberhasilan mendidik adalah terjadinya perubahan perilaku anak dari tidak tahu menjadi tahu, tidak bisa menjadi bisa, dan tidak terbiasa menjadi terbiasa.
 
Imam  Al-Ghazali berpendapat bahwa guru yang dapat diserahi tugas mendidik adalah guru yang selain cerdas dan sempurna akalnya, juga guru yang baik akhlaknya dan kuat fisiknya  Dengan kesempurnaan akal ia dapat memiliki berbagai ilmu pengetahuan secara mendalam, dan dengan akhlaknya yang baik ia dapat menjadi contoh  dan teladan bagi para muridnya, dan dengan kuat fisiknya ia dapat melaksanakan tugas mengajar, mendidik dan mengarahkan anak-anak muridnya.
 
Sejenak kita ingat kembali pada kisah lampau atas Kegagalan para penemu seperti Albert Einstein, Thomas Alfa Edison, Stephen Hawking dll, akhirnya mereka berhasil setelah  melalui jalan yang panjang dan belajar sendiri, dia menjadikan alam sebagai gurunya.  Pentingkah seorang guru? Menurut saya Penting, Tapi guru yang mana?  yaitu guru yang  bukan hanya menjadi guru sekedar mendapatkan pekerjaan.  Namun, seorang guru professional, guru yang amanah, dicari, ditunggu, dan mampu mendidik bukan hanya mengajar.
 

Doaku untukmu..

Anak-anakku.. ketahuilah bahwa kami sangat menyayangi dan mencintai kalian. Karena kami diberikan sebuah amanah dari Allah Swt sebagai seorang guru, untuk membantu dan terus berusaha menjadi jalan bagi kalian agar mendapatkan cahaya penerangan dan hidayah petunjuk pengetahuan.

Tugas sebagai pengabdi insan pendidikan ini amatlah berat. Karena di pundak kami lah kualitas para penerus bangsa ditentukan. Apabila penerus sebuah bangsa adalah penerus yang baik,maka baik pulalah bangsa tersebut.Sebaliknya apabila kualitas penerus bangsa itu rusak,maka rusak pula bangsa tersebut.

Kami para guru bukanlah manusia yang sempurna dan lengkap pada semua hal. Ada banyak keterbatasan dan kelemahan yang kami miliki sebagai guru. Lihatlah pada sisi kebaikan kami,dan jangan pernah menir
u serta mencontoh apabila kami lupa,khilaf,dan berbuat kesalahan.

Semoga aku bisa menjadi guru dambaan yang professional lagi amanah, Amien Ya Robbala’lamin.
Share this article :

2 komentar:

  1. "Semoga kita semua bisa bekerja lebih baik dalam mengemban amanah sebagai tenaga pendidik..

    BalasHapus
  2. assalamua'alaikum pak,,
    bisa mintak NISN saya ngak (mhd.firdaus mas'ud) di tata usaha

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SMA AL-AMIN BENGKALIS - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template